Kawasan Perkampungan Industri Kecil (PIK) Pulogadung

Mengenal Perkampungan Industri Kecil (PIK) Pulogadung

Share

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Jakarta – Perkampungan Industri Kecil (PIK) Pulogadung namanya sudah banyak dikenal sebagai pusat pengembangan usaha kecil menengah di Provinsi DKI Jakarta. Mengkombinasikan Sarana Kerja dan Hunian UKM sebagai upaya efisiensi pada proses produksinya. Belanja di Kawasan ini menjadi murah karena konsumen langsung berhubungan dengan pembuat atau produsen.

Industri Logam PIK Pulogadung
Photo : PIK Pulogadung

Industri yang ada di Kawasan PIK Pulogadung ini terdiri dari Industri Garment, Industri Kulit, Industri Logam, Industri Meubel dan aneka komoditi lainnya. Transaksi pada awal berdirinya banyak dilakukan oleh konsumen industri (Birokrasi Pemerintah maupun swasta), pedagang besar, pemakai langsung dan pada saat ini mulai bergerak menjadi surga untuk pedagang online. Para pelaku usaha di sini pun sudah mulai ramah terhadap para pedagang online, memberikan kesempatan mereka untuk melakukan pengambilan gambar untuk produk yang akan diviralkan lewat medsos.

UPK PPUKMP Pulogadung, Dinas Koperasi, UKM serta Perdagangan Provinsi DKI Jakarta selaku pembina pengusaha di sini sudah memberikan pelatihan desain grafis dan pengambilan gambar praktis untuk produk yang akan diviralkan para pedagang online. Ini merupakan terobosan penting dalam upaya membangun kreatifitas para pengusaha.

Garmen - Pembuatan celana oxygen
Photo: Doc. STIE Serasan Muara Enim

Di dalam kawasan PIK Pulogadung terdapat 691 UKM yang menempati 1.261 unit Sarana Usaha. Jumlah ini akan ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan ruang UKM Provinsi DKI Jakarta lewat Masterplan Kawasan PIK Pulogadung. Mimpinya akan menciptakan kawasan usaha industri kreatif, wisata belanja, perkantoran dan permukiman yang diintegrasikan dengan kemudahan akes berbasis Transit Oriented Development (TOD).

Saat ini Bus Pengumpan untuk Transjakarta jurusan Pulogadung – Pulogebang sudah masuk ke dalam kawasan. Sehingga konsumen potensial dapat melakukan kontak usaha tanpa harus bermalam, karena Terminal Pulogebang sebagai terminal bus antar kota dan antar provinsi dan Stasiun Kereta Buaran atau Klender Baru hanya berjarak kurang lebih 4 km dari Kawasan PIK Pulogadung.

sumber: adv-detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

STIE SERASAN melaksanakan kunjungan industri KKL II 2020
stie serasan muara enim kkl ii 2020 pik pulogadung

Most Popular

Langganan Berita

Dapatkan info terbaru ke Email Anda